Pengguna Pemula Harus Paham Apa Itu Website

Siapapun tahu apa itu website. Tetapi, yang tidak diketahui adalah cara kerjanya yang luar biasa. Bayangkan saja, siapapun di seluruh dunia dapat mengakses situs apapun yang mereka cari. Ketahui apa itu website, sebelum menggunakan jasa web profesional yang menawarkan web hosting.

Web hosting adalah jenis layanan yang memungkinkan individu dan organisasi memiliki situs web sesuai keinginan, yang dapat diakses melalui World Wide Web (WWW). Perusahaan web hosting menyediakan ruang di server, atau mereka menyewa ruang untuk digunakan klien. Mereka juga menyediakan konektivitas internet di pusat data. Selain itu, penyedia jasa web hosting juga menyediakan ruang disk dan bandwidth dengan biaya bulanan.

Pengguna jasa hanya perlu mendaftarkan diri kepada jasa penyedia web, dimana nantinya mereka dapat menggunakan semua kemudahan yang disediakan. Salah satunya adalah mengunggah file mereka ke ruang pribadi mereka di server web, dimana informasinya dapat dilihat oleh orang yang mengunjungi di Internet.

Bisakah kita menjalankan pusat data sendiri di rumah? Tentu bisa, tetapi biayanya akan sangat tinggi. Namun jika pengguna jasa web menghosting situs di host,  biaya dapat dikurangi sebesar 50%. Selain itu, penyedia jasa web sudah memastikan bahwa piranti lunak dan piranti keras serta kebutuhan teknis terkait untuk pemilik web sudah tersedia.  Pengguna pun dapat berkonsentrasi untuk mengembangkan bisnis.

Pengguna jasa dapat menentukan jumlah disk space atau ruang disk dan bandwidth setelah mereka mengerti apa itu website. Mereka dapat memilih paket yang tepat, sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Perlu diperhatikan pula bahwa dengan banyaknya penyedia jasa web, maka pengguna jasa harus selektif dalam memilih jasa yang terpercaya.

Selain akses cepat dan penyimpanan serta bandwidth tinggi, pengguna jasa web juga perlu memperhatikan bagaimana respon dari jasa layanan customer. Tak jarang, pengguna jasa web mengalami kesulitan menghubungi layanan customer service, padahal mereka perlu solusi cepat untuk gangguan teknis pada situs mereka.

Jadi, selain mengerti apa itu website, pengguna jasa harus memastikan bahwa penyedia jasa menawarkan 99.9% up-time sehingga pengguna jasa tidak membuang anggaran karena menyewa jasa web yang kurang profesional.